Khasiat Menurut Flora Jahe

Berbicara tentang tumbuhan yg mempunyai  khasiat bagi tubuh kita, kurang lengkap cita rasanya kalau kita belum belum membahas tentang khasiat dari tanamanjehe. Apa saja khasiat menurut tumbuhan yg satu ini, silahkan simak kabar ini dia.

Jahe (zingiber officinale) adalah tanamanberbatang semu atau berbatang basah yang menghasilkan umbi atau akar rimpang. Tumbuhan ini berasal dari Asia Tenggara yang dikenal menjadi rimpang berbau harum & terasa pedas. Di Indonesia tumbuhan ini tumbuh subur didaerah dataran rendah sampai pegunungan. Jahe mempunyai beberapa nama, misalnya ” jae” (jawa timur), “jahe” (jawa barat), “Halia” (Sumatera) & “Lai” (Kalimantan). Jahe memiliki daun berbentuk pengecap, bulat panjang, sedangkan bunganya tersembul dari tanah berbentuk tongkat atau oval.

Jahe termasuk dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae), se-famili dengan temu-temuan lainnya misalnya temu komedi (Cucuma xanthorrizha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaempferia galanga), lengkuas (Languas galanga) dan lain-lain.

Jahe dibedakan sebagai 3 jenis menurut ukuran, bentuk dan rona rimpangnya. Umumnya dikenal 3 varietas jahe, yaitu :

1. Jahe putih/kuning akbar atau disebut juga jahe gajah atau jahe badak

Rimpangnya lebih akbar & gemuk, ruas rimpangnya lebih menggembung dari kedua varietas lainnya. Jenis jahe ini bias dikonsumsi baik ketika berumur belia maupun berumur tua, baik menjadi jahe segar juga jahe olahan.

dua. Jahe putih/kuning miniatau disebut pula jahe sunti atau jahe emprit

Ruasnya mini, relatif homogen sampai relatif sedikit menggembung. Jahe ini selalu dipanen selesainya berumur tua. Kandungan minyak atsirinya lebih akbar berdasarkan pada jahe gajah, sehingga cita rasanya lebih pedas, disamping seratnya tinggi. Jahe ini cocok buat ramuan obat-obatan, atau untuk diekstrak oleoresin & minyak atsirinya.

Rimpangnya berwarna merah & lebih kecil dari dalam jahe putih kecil. sama seperti jahe mini, jahe merah selalu dipanen selesainya tua, & pula memiliki kandungan minyak atsiri yang sama menggunakan jahe mini, sebagai akibatnya cocok buat ramuan obat-obatan.

1. Menurunkan tekanan darah (hipertensi)

Hal ini karena jahe merangsang divestasi hormon adrenalin & memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan meringankan kerja jantung pada memompa darah.

Karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease & lipase, yang masing-masing mencerna protein & lemak.

Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke, & agresi jantung.

Karena jahe sanggup memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yg bisa mengakibatkan perut berkontraksi, sebagai akibatnya ada rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk bepergian. Membuat lambung sebagai nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin.

Jahe jua mengandung antioksidan yg membantu menetralkan impak merusak yg disebabkan sang radikal bebas di dalam tubuh.

Pereda rasa sakit yg alami dan bisa meredakan nyeri rematik, sakit ketua, dan migren. Caranya, minum wedang jahe tiga kali sehari. Bisa pula minum wedang ronde, mengulum permen jahe, atau menambahkan jahe ketika dalam soto, semur, atau rendang.

Daun jahe juga berkhasiat, menjadi obat kompres dalam sakit ketua dan dapat dipercikan ke paras orang yg sedang menggigil. Caranya dengan ditumbuk & diberi sedikit air bisa dipergunakan menjadi obat kompres dalam sakit kepala & dapat dipercikan ke wajah orang yg sedang menggigil.

Memperkuat pencernaan makanan & mengusir gas di dalamnya. Caranya menggunakan menumbuk rimpang lalu direbus pada air mendidih selama kurang lebih ½ jam, kemudian diminum airnya.

Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut pada atas barah atau bara dan lalu ditumbuk. Tempel tumbukan jahe dalam bagian tubuh yg sakit rematik. Cara lain merupakan dengam menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.

Mengobati luka karena lecet, ditikam benda tajam, terkena duri, jatuh, dan gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan dibubuhi sedikit garam. Letakkan pada bagian tubuh yang terluka.

Mengobati gatal karena sengatan serangga. Caranya menggunakan menumbuk rimpang kemudian dipakai menjadi obat gosok.

12. Mengobati luka bekas gigitan ular beracun

Caranya menggunakan menumbuk rimpang & diberi sedikit garam, kemudian ditempelkan dalam luka bekas gigitan ular beracun (hanya menjadi pertolongan pertama sebelum penderita dibawa ke dokter)

Jahe merupakan obat mujarab bagi penderita sakit perut, seperti diare. Sebab jahe bersifat analgesik dan menenangkan.

14. Mencegah beberapa jenis kanker

Dari khasiat harian, jahe yang diekstrak jua ampuh Mengganggu pertumbuhan aneka macam jenis sel kanker.

Studi menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan prostaglandin, faktor penyebab rasa sakit pada ketua. Dengan demikian, jahe mengurangi migrain atau sakit kepala sebelah.

16. Mencegah daur menstruasi tak teratur

Jahe memberi manfaat keteraturan siklus menstruasi bagi perempuan. Di China contohnya, jahe & gula merah yg dicampurkan pada teh poly dikonsumsi buat mengurangi kram saat datang bulan.

Rasa mual, perut kembung & ingin muntah di pagi hari, termasuk pada wanita hamil, bisa disembuhkan dengan ramuan jahe.

Nyeri gusi & sakit gigi ternyata pula bisa dicegah menggunakan norma minum air jahe. Ini lantaran jahe memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

19. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat lain, yakni jahe terbukti berguna menurunkan kadar kolesterol, selain bersifat membersihkan darah. Dengan demikian serangan jantung dan pembekuan darah bisa dicegah.

Salah satu penelitian yg dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, jahe juga berguna buat membantu mencegah timbulnya jerawat dianjurkan buat mengkonsumsi jahe aporisma 4 gr per hari.

Jahe berfungsi melebarkan pembuluh darah membakar kalori sebagai panas tubuh. Selain itu jahe hanya mengandung sedikit kalori sebagai akibatnya nir berkontribusi menaikkan berat badan anda. Seduhan wedang jahe sangat baik bagi kesehatan dan metabolisme tubuh.

22. Membersihkan Kotoran pada Dalam Tubuh

apabila kita seringkali mengkonsumsi jahe menggunakan cara diseduh, umumnya kita akan berkeringat. Melalui keringat itulah dimuntahkan aneka macam kotoran dursila yg ada pada dalam tubuh.

Tanaman jahe telah lamadikenal & tumbuh baik pada negara kita. Jahe merupakan galat satu rempah-rempah penting. Rimpangnya sangat luas dipakai, antara lain menjadi bumbu masak, pemberi aroma dan rasa dalam kuliner seperti roti, kue, biscuit, kembang gula & berbagai minuman. Jahe juga digunakan dalam industri obat, minyak wangi dan jamu tradisional. Jahe muda dimakan sebagai lalaban, diolah sebagai asinan & acar. Disamping itu, karena dapat memberi dampak rasa panas dalam perut, maka jahe jua dipakai menjadi bahan minuman misalnya bandrek, sekoteng dan sirup.

Itulah sekilas fakta mengenai Khasiat Dari Tanaman Jehe yg mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga liputan yg kami sajikan ini bisa bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *