Khasiat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

Minuman tradisionalyang diwariskan sang nenek moyang secara turun temurun menjadi hidangan yangsangat unik. Minuman tradisional dibentuk menurut bahan-bahan alami dan diolahdengan cara yang sederhana. Beberapa minuman tradisionaljuga mempunyai khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunyayaitu WedangJahe.

Wedang jahe (bahasa Indonesia: “Teh jahe”) merupakan hidangan minuman teh jahetradisional berdasarkan daerah Jawa Tengah dan Timur, Indonesia yang umumnya dihidangkan panas. “Wedang” sendiri adalah bahasa Jawa yang berarti “minuman panas”,namun pada hal ini berarti “teh”. Walaupun tanpa kandungan kafein, minuman ini tak jarang kali disajikan & dinikmati misalnya teh. Minuman inidibuat dari gula jahe dan kelapa / gula batu. Masyarakat Indonesia juga menggunakan jahe bubuk sebagai bahan generik diresep tradisional mereka.

B.     Khasiat Wedang Jahe

Jahe sangat berguna bagi kesehatandan stamina tubuh manusia. Biasanya minuman atau wedang Jahe ini diminum dikalasuasana dingin & sejuk, misalnya saat musim hujan (udaranya dingin). Hal itubertujuan buat menghangatkan badan. Manfaat lain minuman jahe ini sangat ampuhuntuk mengempeskan perut buncit apabila wedang jahe ini diminum sebelum makan,lantaran jahe efektif buat melancarkan pencernaan.

Konsumsi jahe atau Zingiber offinalebisa membantu mengurangi lemak berbahaya di bagian perut. Selain itu, jahe jugamerupakan grup rempah-rempah yg dianggap menjadi stimulan, yg memilikiefek mirip kafein. Mengonsumsi 4 gr atau sekitar 2 sdt jahe per haridapat mempertinggi metabolisme & melancarkan pencernaan. Peningkatan tersebutmembuat tubuh Anda lebih cepat membakar kalori dan meratakan perut. Jahe jugahanya sedikit mengandung kalori, yaitu sekitar 1 kalori per gr, sehinggatidak akan berkontribusi buat meningkatkan berat badan. Wedangjahe juga ternyata bisa dijadikan obat jerawat. Jerawat adalah suatu kondisiperadangan. Sangat penting menciptakan perubahan pola makan buat mengendalikanperadangan dalam kulit tadi.

Jahe telah dikenal menjadi obat anti-inflamasi(anti peradangan). Jahe yg merupakan rimpang atau batang bawah tanah inimengandung beberapa bahan kimia yang melawan peradangan seperti gingerol,shogaol & enzim zingibain. jahe yg diolah sebagai wedang jahe selain enakdiminum jua bisa menurunkan berat badan. Tak hanya menurunkan berat badan,jahe juga sangat bermanfaat buat kesehatan. Manfaat jahe antara lain:Meringankan mual, mulas dan diare. Mengobati radang sendi, Mengobati gangguanpencernaan, Meringankan imbas samping kemoterapi, Mencegah pembekuan darah danMenurunkan kolesterol dursila.

Jahe(Zingiber officinale), merupakan tumbuhan rimpang yg sangat populersebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yangmenggembung pada ruas-ruas tengah. Rasa secara umum dikuasai pedas ditimbulkan senyawa ketonbernama zingeron.Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan olehWilliam Roxburgh menurut istilah Yunanizingiberi, menurut Bahasa Sanskerta,singaberi.

Jahe diperkirakan berasal dari India.Namun ada juga yg mempercayai jahe asal menurut Republik Rakyat CinaSelatan. Dari India, jahe dibawa sebagairempah perdagangan sampai Asia Tenggara,Tiongkok, Jepang,hingga Timur Tengah. Kemudian dalam zamankolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat & pedas pada makanansegera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Karena jahe hanya sanggup bertahan hidupdi wilayah tropis, penanamannya hanya bisa dilakukan pada wilayah katulistiwaseperi Asia Tenggara, Brasil,& Afrika.Saat ini Equadordan Brasil sebagai pemasok jahe terbesar di global.

–        Jahe merah 50 g

–        Gula pasir 4 sendok makan

–        Gula merah 200 g

–        Merica hitam butiran 15 buah

–        Kapulaga 4 buah

–        Cengkih lima buah

–        Serai 2 btg, memarkan

–        Daun pandan 2 helai, simpulkan

–        Daun jeruk 5 buah

1.       Panggang jahe merah sampai agakkecokelatan. Angkat, kupas kulitnya memarkan.

dua.      Rebus jahe merah bersama air danbahan lainnya hingga mendidih & aromanya wangi.

tiga.      Kecilkan api, masak terus sampai airmenyusut sebagai setengah bagian.

4.      Angkat, saring, lalu masukkan kecangkir. Sajikan panas.

E.     Kandungan Wedang Jahe

Jahedianggap menjadi obat tradisional yang mampu menyembuhkan beberapa jenispenyakit. Jahe umumnya dibentuk “wedang” atau minuman ini diketahui kaya akanfenol dan mineral. Selain itu jahe jua mengandung vitamin A, B, C, & senyawaflavonoid & polifenol. Kandungan antioksidan jahe lebih tinggi menurut padaantioksidan vitamin E.

F.     Manfaat Wedang Jahe

Menurut penlitian Universitas Michigan, jahe dapatmenyembuhkan kanker usus akbar. Dari output percobaan yang menggunakan 30 orangrelawan ini selama 28 hari, memperlihatkan bahwa sel-sel kanker pada usus besarmati waktu masuk ke dalam campuran antara air & larutan jahe. Kankerusus besardidahului sang pembengkakan dalam usus besardan jahe bisamenyembuhkan pembengkakan yang terjadi. Oleh karena itu, dapat disimpulkanbahwa jahe sahih-sahih mampu membantu melindungi usus akbar berdasarkan ancaman kanker.Masalah kesehatan lain yg dapat secara efektif diobati jahe merupakan mulas.Mulas adalah gangguan dalam pencernaan. Jahe adalah obat yang efektifterhadap mulas karena jahe mengandung fenol, yg bisa menyembuhkan mulas padaperut.

Manfaat lain jahe adalahkemampuannya buat mencegah penyakit kardiovaskular. Jahe mengandungfitokimia dan anti-oksidan yang menyerang radikal bebas pada tubuh.Jahe bisa membantu mengurangi sakit kronis dalam penyakitarthritis. Jahe bisa membantu mengurangi taraf rasasakit kronis akibat arthritis dan kejang pada otot dikarenakan jahe dapatmenghambat produksi prostaglandin dalam tubuh. Prostaglandin merupakan hormon yang padadasarnya diproduksi oleh  tubuh yangbertanggung jawab terhadap peradangan.

Jahe juga mengandungefek anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit. Jahe jugamempunyai manfaat sebagai obat anti penuaan. Hal itu dikarenakanjahe mengandung antioksidan yang bisa melindungi sel menurut kerusakan yangdisebabkan oleh radikal bebas. Jahe merupakan salahsatu obat paling aman.

Jahe pula diketahui kaya akanmineral & nutrisi. 100 gram jahe diketahui mengandung 80 kalori, 17,77persenkarbohidrat, 0,75% lemak, 1,82% protein, dua% serat dan kolesterol 0%. Yangdapat dipakai untuk mengobati diare, pembekuan darah, dan dapat menyembuhkanalergi. Salah satu manfaat jahe yg paling umum dikenal adalah bahwa jahedapat menyembuhkan batuk, pilek dan gatal dalam tenggorokan Jahe dapatmenghangatkan pembuluh darah, yang akan menyebabkan peningkatan peredaran.Manfaat ini sangat berguna bagi orang yang menderita imbas samping karenaobat-obatan kimia dan anti-biotik. Jahe bisa dikonsumsi dengan dibuat minuman“wedang jahe”. Yang dapat dinikmati ketika pagi, atau menjelang tidur. Atau jahejuga bisa dinikamti pada bentuk permen atau olahan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *