6 Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan, Minuman Tradisional Penuh Khasiat

Ilustrasi wedang jahe. © Fitlife.tv

Merdeka.com – Jahe (Zingiber officinale) adalah tanamanrempah yg berasal menurut Asia Selatan, & sekarang telah beredar ke semua dunia. Mengutip dari e-jurnal Widya Kesehatan Universitas Hindu Indonesia, masyarakat China telah memanfaatkan jahe sebagai penyedap kuliner sejak abad ke-6 S.M. Para pedagang Arab mengenalkan jahe & rempah-rempah lainnya sebagai bumbu kuliner ke tempat Mediterania sebelum abad pertama Sesudah Masehi, danselanjutnya dikenalkan ke Eropa berupa buku-buku resep kuliner yg memakai banyak sekali rempah-rempah.

Di tempat Asia, jahe telah dimanfaatkan menjadi bahan bumbu kuliner & bahan obat tradisional sejak ribuan tahun yg lalu. Jahe dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal karena mengandung minyak atsiri menggunakan senyawa kimia aktif, misalnya: zingiberin, kamfer, lemonin, borneol, shogaol, sineol, fellandren, zingiberol, gingerol, dan zingeron yang berkhasiat pada mencegah & mengobati berbagai penyakit. Senyawa kimia aktif yg juga terkandungdalam jahe yg bersifat anti-inflamasi dan antioksidan, adalah gingerol, beta-caroten, capsaicin, asam cafeic, curcumin & salicilat.

Wedang jahe adalah minuman herbal yg terkenal di Indonesia juga mancanegara. Ini karena wedang jahe menunjukkan poly sekali khasiat misalnya mengobati penyakit vertigo, mual-mual, mabuk perjalanan, demam, batuk, gangguan ketika menstruasi, kanker, dan penyakit jantung. Berikut merupakan penerangan selengkapnya mengenai manfaat wedang jahe.

dua berdasarkan 7 halaman1. Mabuk Kendaraan

Manfaat wedang jahe yang pertama buat meredakan pusing & mual akibat mabuk kendaraan. Pengobatan tradisional memberitahuakn bahwa wedang jahe dapat membantu meredakan tanda-tanda mabuk kendaraan di perjalanan misalnya pusing, muntah, & keringat dingin.

Meski begitu, sebagian akbar penelitian belum dapat menerangkan efektivitas apa pun secara seksama. Namun, satu studi yg lebih tua memang menampakan bahwa jahe membantu mengurangi mabuk perjalanan. apabila Anda menderita mual pada tunggangan yang sedang berkiprah, mencoba minum wedang jahe mungkin nir ada salahnya.

3 menurut 7 halaman2. Mual Akibat Morning Sickness & Kemoterapi

Manfaat wedang jahe yang ke 2 buat mengurangi rasa mual dampak morning sickness & pula mual pasca kemoterapi. Beberapa ahli percaya bahwa komponen aktif pada jahe seperti minyak atsiri & senyawa fenol yang disebut gingerol – bisa membantu meredakan mual akibat kehamilan, kemoterapi, atau pembedahan.

Peneliti menyarankan bahwa jahe mungkin adalah cara lainyang berguna buat obat anti mual tradisional pada orang yg sedang hamil atau menjalani kemoterapi dan tidak bisa memiliki atau mentolerir obat-obatan kimia baku.

4 menurut 7 halaman3. Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Manfaat wedang jahe yang ketiga buat membantu kadar tekanan darah dan baik bagi kesehatan jantung. Penelitian sang Institute of Nutrition and Food Hygiene, Shandong University China menerangkan bahwa konsumsi wedang jahe dapat sebagai pelindung terhadap penyakit jantung. Ramuannya yang tajam bisa membantu:

darah rendah

mencegah agresi jantung

mencegah penggumpalan darah

meredakan mulas

menurunkan kolesterol

mempertinggi peredaran darah

5 berdasarkan 7 halaman4. Kontrol Berat Badan dan Gula Darah

Manfaat wedang jahe yang keempat untuk mengontrol berat badan & kadar gula darah. Sebuah studi tahun oleh Universitas Columbia yg melibatkan 10 laki-lakikelebihan berat badan menemukan bahwa minum wedang jahe panas (pada hal ini, serbuk jahe yg dilarutkan pada air panas) bisa mempertinggi perasaan kenyang & mengurangi rasa lapar.

Sebuah tinjauan menurut Tabriz University of Medical Sciences, Iran memperlihatkan bahwa jahe mungkin efektif dalam mengatasi obesitas. Tetapi, sebagian besareksperimen adalah penelitian tikus, yang menampakan bahwa jahe bisa membantu mencegah komplikasi terkait obesitas & obesitas. Jahe dapat membantu menaikkan kontrol gula darah, mengurangi A1C, insulin, & trigliserida di antara penderita diabetes tipe dua.

6 dari 7 halaman5. Pereda Rasa Sakit

Manfaat wedang jahe yg kelima buat membantu meredakan banyak sekali rasa sakit. Jahe sudah digunakan buat mengobati peradangan selama berabad-abad, & praktik ini sekarang memiliki bukti ilmiah buat menguatkannya. Telah terbukti pada beberapa penelitian khususnya buat membantu meredakan nyeri dampak osteoartritis lutut, bahwa wedang jahe bisa membantu meredakan sakit kepala, kram menstruasi, nyeri otot, dan jenis nyeri lainnya.

7 menurut 7 halaman6. Dukung Kekebalan Imun & Cegah Kanker

Manfaat wedang jahe yg keenam buat memperkuat sistem imun & mencegah kemunculan kanker dalam tubuh. Diyakini bahwa antioksidan dalam jahe dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh & mengurangi stres. Menghirup uap dari wedang jahe pula bisa membantu meredakan hidung tersumbat & kasus pernapasan lainnya dampak flu biasa atau alergi lingkungan.

Penelitian bahkan menerangkan bahwa jahe bisa membantu mencegah kanker. Dalam penelitian laboratorium, jahe telah terbukti melawan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker pankreas & kanker usus besar .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *