10 Manfaat Wedang Jahe Untuk Kesehatan & Stamina Tubuh

INDOZONE.ID – Sudah semenjak usang, wedang jahe menjadi minuman tradisional Indonesia yang diwariskan sang nenek moyang secara turun temurun.

Bukan hanya sekadar minuman saja, terdapat segudang manfaat wedang jahe buat kesehatan yg sampai saat ini telah dibuktikan banyak orang.

Dalam bahasa Jawa, ‘wedang’ merupakan minuman panas. Karena itu, sajian minuman sari jahe dari wilayah Jawa Tengah & Jawa Timur ini biasanya disajikan hangat atau panas.

Minuman wedang jahe dibentuk menurut irisan jahe segar, gula jawa atau gula batu yang dicampur ke dalam air panas.

Selain memakai jahe segar, rakyat Indonesia juga mamanfaatkan jahe serbuk sebagai bahan generik pada resep tradisional wedang jahe.

Terkadang rempah-rempah seperti daun pandan, btg serai, cengkeh, kayu anggun dibubuhi untuk menambah aroma. Susu segar atau susu kental anggun juga ditambahkan.Manfaat Wedang Jahe buat Kesehatan

Wedang jahe sangat memiliki kegunaan bagi kesehatan dan stamina tubuh. Biasanya wedang jahe diminum pada kala suasana dingin, misalnya waktu isu terkini hujan buat menghangatkan badan.

Selain buat membuat tubuh hangat, terdapat poly manfaat wedang jahe lainnya yg #KAMUHARUSTAU.

Apa saja? Berikut ini manfaat wedang jahe untuk kesehatan tubuh, misalnya dirangkum Indozone dari berbagai sumber:Mengatasi Rasa Mual dan Gangguan PencernaanIlustrasi seseorang sedang mual (babyment.com)

Mual bisa dipicu oleh beberapa faktor, misalnya masuk angin, mabuk tunggangan, kehamilan, pasca operasi, maupun kemoterapi. 

Dalam syarat ini, minuman wedang jahe merupakan pilihan tepat buat meredakan rasa mual. Mulas dan diare juga dapat diatasi dengan minuman ini.

dua. Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat wedang jahe buat kesehatan dapat mengatasi rasa nir nyaman lantaran gangguan pencernaan misalnya dispepsia (sakit maag).

Minuman wedang jahe jua menjadi galat satu cara buat mengurangi gas pada perut yang sering mengakibatkan kasus pencernaan.Meredakan Nyeri Haid, Sendi, & OtotIlustrasi nyeri ketika haid (thedailycrisp.com)

Dalam sebuah penelitian, minuman wedang jahe disebutkan bisa meredakan rasa nyeri selama masa haid bagi perempuan.

Selain itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa wedang jahe jauh lebih efektif pada mengatasi nyeri haid daripada obat anti-nyeri.

4. Meredakan Nyeri Sendi & Otot

Para orang tua zaman dulu acapkali mengonsumsi wedang jahe setiap kali merasa nyeri pada bagian sendi dan otot.

Lantaran itu, hingga sekarang pun minuman jahe sebagai obat alami nyeri sendi dan otot yg paling manjur.Menurunkan Kolesterol dan Melawan RematikIlustrasi tubuh rendah kolesterol (Pixabay)

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh berpotensi menimbulkan aneka macam penyakit serius, seperti diabetes, agresi jantung hingga stroke.

Untuk mengurangi kadar kolesterol itu, engkaumampu rutin konsumsi wedang jahe. Minuman ini dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Nyeri rematik bisa menyebabkan peradangan. Oleh sebab itu, rutin minum wedang jahe setiap hari sangat baik buat melawan rematik.

Khasiat wedang jahe itu didapat menurut sejumlah komponen aktif pada dalamnya, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron yang bekerja buat menurunkan zat pemicu peradangan tubuh.Obat Alami Jerawat dan Mengatasi Reaksi AlergiIlustrasi paras berjerawat (Pixabay)

7. Mengatasi Jerawat secara Alami

Jerawat merupakan suatu syarat peradangan. Sangat penting membuat perubahan pola makan buat mengendalikan peradangan dalam kulit tadi.

Banyak orang rutin minum wedang jahe setiap hari buat mengurangi risiko peradangan kulit dan mengatasi jerawat secara alami.

Itu karena jahe mempunyai sifat anti-inflamasi & mengandung beberapa bahan kimia yang sanggup melawan peradangan seperti gingerol, shogaol dan enzim zingibain.

Sebuah penelitian menemukan bahwa air rebusan jahe (wedang jahe) bermanfaat buat mengatasi reaksi alergi. 

Hal itu karena jahe mengandung oleoresin dan punya efek antiradang yg bekerja melawan peradangan akibat alergi.Melancarkan Pencernaan dan Menurunkan Berat BadanWedang jahe (Instagram/@sarongsarie)

Manfaat lain minuman wedang jahe ini sangat digdaya buat mengempeskan perut buncit bila diminum sebelum makan, lantaran jahe efektif buat melancarkan pencernaan.

Konsumsi air jahe (Zingiber offinale) dapat membantu mengurangi lemak berbahaya pada bagian perut, membakar kalori hingga meratakan perut.

Selain itu, jahe juga merupakan kelompok rempah-rempah yang dipercaya sebagai stimulan & mempunyai efek seperti kafeina.

Studi mengungkapkan bahwa rutin minum wedang jahe setiap hari waktu pagi sanggup mengurangi nafsu makan. 

Dalam sebuah artikel yg dipublikasikan sang British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa jahe sanggup melancarkan metabolisme sehinga efektif membakar lemak.

Jahe pun hanya sedikit mengandung kalori yaitu lebih kurang 1 kalori per gram, sebagai akibatnya nir akan berkontribusi buat menaikkan berat badan.Cara Membuat Wedang Jahe di RumahWedang jahe (freepik.com)

Untuk merasakan khasiat wedang jahe, kamu sanggup menciptakan sendiri minuman ini di tempat tinggal. Langkah-langkahnya menjadi berikut:

Bahan-bahan: 2 ruas jahe 3 cm kunyit 1 btg serai 2 sdm madu 400 mililiter air  

Cara menciptakan: Pertama, geprek jahe dan btg serai, kemudian iris kunyit. Rebus air hingga mendidih, tambahkan jahe, serai, dan kunyit. Rebus selama 10 mnt. Matikan api kompor, masukkan madu dan aduk menyebar. Tuangkan ke pada gelas saji & minumlah selagi hangat.Artikel Menarik Lainnya: Manfaat Minum Teh Chamomile yang Bisa Kamu Dapatkan Sejumlah Manfaat Infused Water buat Kesehatan Tubuh Manfaat Minyak Serai untuk Kesehatan, Berguna Banget Lho! Manfaat Rumput Laut buat Kesehatan, Lawan Radikal Bebas Manfaat Makan Buah Leci buat Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *