Wedang Uwuh, Sampah Yang Menyehatkan

KOMPAS.com — Sejarah pengobatan tradisional Jawa memang menyimpan majemuk cerita. Banyak jenis jamu yang lahir berdasarkan hasil kreativitas atau coba-coba. Wedang uwuh yg sekarang sedang digemari banyak orang hanya keliru satunya. Meski ialah sampah, wedang ini bisa menyegarkan & menyehatkan tubuh. Rasanya pun begitu unik.

Ada poly ragam minuman pada tradisi rakyat Jawa yg menyehatkan. Ada wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, & sebagainya. Khasiat minuman tadi, selain menghangatkan tubuh, ada jua yg sanggup meredakan batuk & menaikkan daya tahan tubuh.

Yang sekarang sedang digemari poly orang, khususnya masyarakat yg tinggal di tempat Imogiri, Bantul, Daerah spesial Yogyakarta & sekitarnya merupakan wedang uwuh. Popularitas wedang ini ternyata pula telah menembus Ibu Kota & beberapa kota besarpada Indonesia lainnya. Tak sedikit orang yang membawa sang-sang wedang uwuh siap seduh, selesainya bertandang ke Yogyakarta. Mungkin Anda juga pernah mencicipinya.

Uwuh pada bahasa Jawa merupakan sampah. Dijuluki uwuh karena ampas atau bahan-bahan minuman ini waktu telah bercampur tampak misalnya sampah tak berguna. Berbagai jenis herba yang menjadi isi kandungan wedang uwuh pada antaranya adalah rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu cantik, cengkih, daun pala. Kadang ditambahkan juga btg sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah.

Dilirik dari bahan dasarnya, tidak heran apabila wedang uwuh mempunyai manfaat buat kesehatan. Dari mulai jahe, rimpang yg satu ini lebih dari sekadar bumbu dapur. Jahe sudah dikenal manjur mengusir aneka macam keluhan. Sifatnya yang panas berguna sebagai penghangat.

Lebih menurut itu, jahe, melalui banyak penelitian, terbukti keuntungannya buat melancarkan aliran darah. Jahe bersifat antikoagulan (antipembekuan darah) yang lebih hebat daripada bawang putih atau bawang merah.

Jahe jua mampu menurunkan kadar kolesterol lantaran bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah & hati. Penelitian yg dilakukan para pakar pada Jepang memberitahuakn, jahe bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan jalan mengurangi laju genre darah perifer (aliran darah tepi).

Kayu manis memiliki sifat antioksidan dan membuat rasa wedang menjadi lebih nikmat. Banyak herbalis meyakini bahwa adonan jahe & kayu cantik berkhasiat buat menaikkan daya tahan tubuh lantaran kandungan antioksidannya tinggi.

Kaya AntioksidanDr Michael dari Herbacure menilai, banyak sekali kandungan bahan dalam wedang uwuh apabila diuraikan satu per satu memang mempunyai manfaat majemuk. Manfaat itu terutama buat menaikkan kekebalan tubuh dan memperlancar genre darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *