3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Perawatan Lantai Vinyl

Mempunyai hunian atau rumah merupakan keinginan banyak orang. Maka tidak heran jika terkadang ada orang yang sampai rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi mewujudkan cita-citanya untuk memiliki rumah yang sesuai dengan impiannya sebelumnya. Berbicara tentang rumah, salah satu elemen yang cukup penting dan menjadi perhatian adalah pada bagian lantai. Dan zaman sekarang, sudah banyak masyarakat Indonesia yang memilih menggunakan lantai vinyl karena dinilai lebih estetik dan bagus. 

Tidak dapat dipungkiri jika sekarang banyak orang yang lebih memilih menggunakan lantai vinyl karena berbagai macam alasan. Salah satunya adalah harganya yang lebih murah dan proses pemasangannya juga sangat mudah. Akan tetapi sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, Anda juga harus tahu apa saja yang menjadi pertimbangan dan penting untuk diperhatikan ketika akan membeli lantai vinyl. Selain itu, ternyata lantai vinyl supaya tetap awet dan tidak mudah rusak juga perlu beberapa perawatan. Apa saja kira-kira? Berikut adalah penjelasannya: 

Rajin menyapu 

Tidak berbeda jauh dengan lantai keramik atau granit, lantai vinyl juga perlu perawatan yang cukup rutin salah satunya adalah dengan rajin menyapu. Tujuannya supaya lantai tetap bersih dan mengkilap serta bebas dari debu atau noda yang akan merusak tampilan lantai tersebut. Sebagai contoh apabila Anda menggunakan lantai vinyl di bagian dapur, maka usahakan untuk langsung membersihkan dan menyapu lantai dapur tersebut setelah selesai memasak. 

Pel dengan kain yang bersih 

Disapu saja tidak cukup untuk membuat lantai vinyl tetap bersih dan awet. Untuk cara mengelap lantai vinyl sebenarnya tidak berbeda jauh dengan mengepel lantai dari keramik atau yang lainnya. Namun yang menjadi perhatian adalah gunakan cairan pel yang memang khusus untuk lantai vinyl supaya lantai Anda tidak rusak karena terkena cairan pel yang salah. 

Segera bersihkan jika terkena noda 

Ketika lantai vinyl di rumah Anda terkena noda maka usahakan untuk langsung membersihkannya dengan menggunakan kain dan lap yang bersih . jangan menunggu noda menjadi bandel dan susah dihilangkan karena akan semakin susah untuk dibersihkan dan membuat lantai vinyl Anda rusak. 

Di atas adalah beberapa cara yang cukup sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada lantai vinyl supaya awet dan tidak mudah rusak. Dan apabila Anda berencana untuk membelinya, tidak perlu bingung sudah banyak toko daring dan offline yang menjual lantai vinyl. Akan tetapi untuk mendapatkan kualitas yang baik dan Anda bisa langsung melihat barangnya, alangkah lebih baik jika Anda membelinya secara offline di toko yang menjualnya. Meskipun memang secara umum banyak toko daring yang menjual lantai vinyl dengan harga yang murah, tetapi Anda tidak tahu dengan kualitas barangnya.